BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Manusia telah berada dalam era teknologi yang begitu
canggih. Hampir semua hal yang dilakukan manusia dititik beratkan pada sebuah
alat. Dengan keingintahuannya, manusia terus menerus menciptakan segala sesuatu
agar pekerjaannya lebih mudah. Sisitem
Informasi Manajemen menjadi salah satu pilihan utama dalam pembuatan berbagai
hal yang nantinya akan menunjang pekejaan seseorang. Bagi orang yang belum
pernah belajar tentang Sistem Informasi Manajemen (SIM), banyak orang yang
mengartikan Sistem Informasi dengan keinginan mereka sendiri. Itulah yang
menyebabkan seringnya pengertian SIM menjadi rancu sehingga sangat sulit di
mengerti. Oleh karena itu, pada saat ini banyak sekali universitas yang telah
banyak menitikberatkan pada mata kuliah Manajen Informatika. Semua itu
semata-mata agar semua masalah tentang sumber daya manusia yang selama ini
menjadi masalah dapat teratasi. Pada saat yang sama pula Logistik menjadi suatu
masalah yang besar pula, banyak sekali
produk-produk lokal yang ada tidak bisa di distribusikandengan baik. Semua
itulah yang menyebabkan banyaknya angka pengangguran yang merajalela di negara
ini.Untuk itu makalah ini dibuat dengan judul “PENGERTIAAN MANAJEMEN INFORMATIKA “.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan
Manajemen?
2. Apa saja Elemen-Elemen Dasar dalam Manajemen?
3. Bagaimana Konsep Dasar Manajemen?
4. Apa Pentingnya
Tujuan Dalam Manajemen?
5. Apa saja
Fungsi Manajemen ?
BAB II
PEMBAHASAN
1.2. DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis
kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini
memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga
pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak
perbedaan.Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu
yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui
upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini
manajemen dibedakan menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
1.
Sebuah proses atau seri dari aktivitas yang
berkelanjutan dan berhubungan.
2.
Melibatkan dan berkonsentrasi untuk mendapatkan
tujuan organisasi.
3.
Mendapatkan hasil-hasil ini dengan berkerja sama
dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si organisasi.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sejauh ini
belum ada kata mapan dan diterima secara universal tentang pengertian dari
manajemen dan dengan demikian, maka beberapa para ahli masih memiliki pandangan
yang berbeda terkait dengan pengertian manajemen itu sendiri. Seperti apa
pengertian manajemen oleh beberapa ahli? Berikut adalah pemaparannya:
1. Menurut G.R. Terry:
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang
melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah
tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
2. Menurut Hilman:
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui
kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan
yang sama.
3. Menurut Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat
dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang
ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
4. Menurut Drs. Oey Liang Lee:
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,
penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Menurut William H. Newman:
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh
hasil tertentu melalui orang lain.
6. Menurut Renville Siagian:
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam
bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta
berpengalaman.
7. Menurut Prof. Eiji Ogawa:
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian
kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh
organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk
kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
8. Menurut Federick Winslow Taylor:
Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk
menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan
organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa
seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.
9. Menurut Henry Fayol:
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu,
merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
1 Lyndak F. Urwick:
Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning
Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan),
Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).
11. Henry Fayol:
“Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu,
merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan
melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam
melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.”
12. James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org):
“Manajemen adalah suatu proses perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi
serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya”
13. Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2):
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan
sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk
mencapai satu tujuan.”
14. T.Hani Handoko (2000:10):
“Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk
menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan
pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia,
pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.”
15. Marry Parker Follet:
“Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan
melalui orang lain”
16. Prof. Oie Liang Lee:
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta
mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan”.
17. The Liang Gie, 1982:
” Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan
menggerakkan karyawankaryawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar
tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.”
18. George R. Terry, 1994:
Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu
"Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi
mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya".
Istilah manajemen (management) telah diartikan oleh berbagai
pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan,
pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan,
administrasi, dan, sebagainya. Masing-masing pihak dalam memberikan istilah
diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka. Meskipun pada kenyataannya bahwa
istilah tersebut memiliki perbedaan.
BAB III
PENUTUP
1.3. KESIMPULAN
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan
fungsinya yang pada intinya berusaha
memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam
jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi
yang terkait dengan kegiatan perusahaan
baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu
beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Manajemen Logistik
adalah perencanaan, pelaksanaan, pengendalian faktor produksi secara efektif da efisien dalam
rangka memperoleh barang atau jasa sejak dari titik permulaan ke titik konsumsi
sesuai dengan harapan pelanggan. Dari pengertian diatas dapat ditarik
kesimpulan bahwa hubungannya terletak pada kegiatan bekerja sama dalam
membangun sebuah perusahaan dimana setelah tersedia segala hal yang diperlukan
sebagai informasi perusahaan, maka akan sangat dibutuhkan orang yang dapat
mengelola dan mengontrolnya agar dapat berjalan lancar dan memberikan
keuntungan bagi perusahaan. Manajemen informatika dan Logistik merupakan 2
manajemen yang saling membutuhkan dan beketergantungan.
1.4. USUL-SARAN
Jika ada kesalahan dalam penulisan makalah ini maka SAYA
meminta maaf. Maka dari itu SAYA membutuhkan adanya saran yang membangun.
DAFTAR PUSTAKA
artikata.com/arti-338771-logistik.html
http://d-p-y.blogspot.com/2013/05/jenis-jenis-manajemen.html
http://dwisholeharini.blogspot.com/
http://rinatnunay.com/2013/07/02/beberapa-pengertian-tentang-logistik/
http://rinatnunay.com/2013/07/01/apa-sih-logistik-itu/ mli.web.id/perihal/pengertian-logistik
No comments:
Post a Comment