Friday, 6 October 2017

Makalah pengertiaan manajamen

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Manusia telah berada dalam era teknologi yang begitu canggih. Hampir semua hal yang dilakukan manusia dititik beratkan pada sebuah alat. Dengan keingintahuannya, manusia terus menerus menciptakan segala sesuatu agar  pekerjaannya lebih mudah. Sisitem Informasi Manajemen menjadi salah satu pilihan utama dalam pembuatan berbagai hal yang nantinya akan menunjang pekejaan seseorang. Bagi orang yang belum pernah belajar tentang Sistem Informasi Manajemen (SIM), banyak orang yang mengartikan Sistem Informasi dengan keinginan mereka sendiri. Itulah yang menyebabkan seringnya pengertian SIM menjadi rancu sehingga sangat sulit di mengerti. Oleh karena itu, pada saat ini banyak sekali universitas yang telah banyak menitikberatkan pada mata kuliah Manajen Informatika. Semua itu semata-mata agar semua masalah tentang sumber daya manusia yang selama ini menjadi masalah dapat teratasi. Pada saat yang sama pula Logistik menjadi suatu masalah yang besar pula,  banyak sekali produk-produk lokal yang ada tidak bisa di distribusikandengan baik. Semua itulah yang menyebabkan banyaknya angka pengangguran yang merajalela di negara ini.Untuk itu makalah ini dibuat dengan judul “PENGERTIAAN MANAJEMEN INFORMATIKA “.

1.2    RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud  dengan  Manajemen?
2.      Apa saja  Elemen-Elemen Dasar dalam Manajemen?
3.      Bagaimana  Konsep Dasar Manajemen?
4.      Apa Pentingnya Tujuan Dalam Manajemen?
5.      Apa saja Fungsi Manajemen ?







BAB II
PEMBAHASAN
1.2. DEFINISI MANAJEMEN
Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno, yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini manajemen dibedakan menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
1.       Sebuah proses atau seri dari aktivitas yang berkelanjutan dan berhubungan.
2.       Melibatkan dan berkonsentrasi untuk mendapatkan tujuan organisasi.
3.       Mendapatkan hasil-hasil ini dengan berkerja sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si organisasi.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sejauh ini belum ada kata mapan dan diterima secara universal tentang pengertian dari manajemen dan dengan demikian, maka beberapa para ahli masih memiliki pandangan yang berbeda terkait dengan pengertian manajemen itu sendiri. Seperti apa pengertian manajemen oleh beberapa ahli? Berikut adalah pemaparannya:
1.      Menurut G.R. Terry:
Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
2.       Menurut Hilman:
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
3.       Menurut Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
4.       Menurut Drs. Oey Liang Lee:
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5.       Menurut William H. Newman:
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
6.       Menurut Renville Siagian:
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.

7.       Menurut Prof. Eiji Ogawa:
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
8.       Menurut Federick Winslow Taylor:
Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.
9.       Menurut Henry Fayol:
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan.
1   Lyndak F. Urwick:
Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commanding (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).
11.   Henry Fayol:
“Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.”
12.   James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org):
“Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya”
13.   Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2):
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.”
14.   T.Hani Handoko (2000:10):
“Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.”
15.   Marry Parker Follet:
“Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain”
16.   Prof. Oie Liang Lee:
“Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”.

17.   The Liang Gie, 1982:
” Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawankaryawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.”
18.   George R. Terry, 1994:
Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu "Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya".
Istilah manajemen (management) telah diartikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi, dan, sebagainya. Masing-masing pihak dalam memberikan istilah diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka. Meskipun pada kenyataannya bahwa istilah tersebut memiliki perbedaan.




BAB III
PENUTUP
1.3. KESIMPULAN
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang  pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi  bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan  perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan  bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat. Manajemen Logistik adalah perencanaan, pelaksanaan, pengendalian faktor  produksi secara efektif da efisien dalam rangka memperoleh barang atau jasa sejak dari titik permulaan ke titik konsumsi sesuai dengan harapan pelanggan. Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa hubungannya terletak pada kegiatan bekerja sama dalam membangun sebuah perusahaan dimana setelah tersedia segala hal yang diperlukan sebagai informasi perusahaan, maka akan sangat dibutuhkan orang yang dapat mengelola dan mengontrolnya agar dapat berjalan lancar dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Manajemen informatika dan Logistik merupakan 2 manajemen yang saling membutuhkan dan beketergantungan.
1.4. USUL-SARAN
Jika ada kesalahan dalam penulisan makalah ini maka SAYA meminta maaf. Maka dari itu SAYA membutuhkan adanya saran yang membangun.




DAFTAR PUSTAKA
artikata.com/arti-338771-logistik.html http://d-p-y.blogspot.com/2013/05/jenis-jenis-manajemen.html http://dwisholeharini.blogspot.com/ http://rinatnunay.com/2013/07/02/beberapa-pengertian-tentang-logistik/ http://rinatnunay.com/2013/07/01/apa-sih-logistik-itu/ mli.web.id/perihal/pengertian-logistik














No comments:

Post a Comment

Cara menggunakan output dan input pada pascal

Dalam membuat sebuah program d Pascal kita harus mengerti terlebih dahulu koding-koding nya disini saya membuat sebuah program peng...